Senin, Agustus 04, 2008

Komunikasi

Komuniasi berasal dari kata Communi = Sama. Jadi dapat dikatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses hubungan antar manusia untuk menyampaikan pesan, informasi, pemikiran, maupun gagasan dengan menggunakan cara dan sarana tertentu dalam ruang dan waktu tertentu di mana proses hubungan tersebut dapat saling dimengerti atau dipahami satu sama lain.

Bagi individu komuniasi adalah : pesan yang akan disampaikan komunikator (pengirim pesan) haruslah diterima dan dimengerti sama oleh komunikan (penerima pesan).

Bagi organisasi komunikasi adalah : saluran untuk melakukan dan menerima pengaruh, mekanisme, perubahan, gagasan, serta alat untuk mendorong motivasi dan merupakan perantara yang memungkinkan organisasi atau program tersebut mencapai tujuan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jika kita mengadakan komunikasi berarti ada tujuan sebagai berikut :
  • kita menghendaki seseorang mengerti sesuatu dan kemudian berbuat sesuatu,
  • kita menghendaki seseorang berpikir atau merasakan suatu cara tertentu.

Untuk mencapai tujuan seperti dimaksud, maka harus ada proses aktivitas komunikasi yang pada prinsipnya dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Komunikator merasakan suatu kebutuhan untuk melakukan komunikasi, kemudian disusunlah lambang, tanda, atau simbol atau kata-kata.
  2. Komunikator kemudian mengirimkan atau menyampaikan tanda-tanda tersebut melalui sarana / perantara komunikasi.
  3. Penerima pesan ketika mendengar, melihat, atau merasakan tanda-tanda itu kemudian memberi arti kepada tandatanda itu menjadi sebuah pikiran / ide yang memiliki makna.
  4. Akhirnya komunikator dapat mengatakan telah mengkomunikasikan pesannya jika terjadi reaksi dari komunikan sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar: