Senin, Agustus 04, 2008

DASAR-DASAR COMMUNITY ORGANIZING – TEKNIS MENGORGANISIR


  1. TEKNIS MENGORGANISIR MASYARAKAT

a. Lakukan Training;

Melakukan aksi secara sendiri, maupun melakukan pelatihan secara sendiri tidak akan begitu memperkuat masyarakat. Tugas pendamping adalah mengintegrasikan antara aksi masyarakat dengan training serta senantiasa memberikan pembimbingan.

Kapan saja Anda memberikan pembimbingan, tunjukkan bahwa inilah kesempatan bagi mereka untuk belajar. Masyarakat menjadi lebih kuat jika anggota-anggotanya senantiasa belajar dengan melakukan aksi (learning by doing) dan jika pendamping juga senantiasa memfasilitasi learning by doing ini.

b. Bentuk Kepanitiaan;

Kepanitiaan harus dipilih sendiri oleh seluruh masyarakat, bukan dipilih oleh kelompok tertentu saja. Penitia haruslah merupakan bagian dari masyarakat dan bertanggung jawab kepada masyarakat.

Tugas pendamping adalah membantu terbentuknya kepanitiaan oleh seluruh masyarakat. Pembentukan panitia harus melalui proses yang transparan dan demokratik.

c. Menilai Kondisi;

Panitia melakukan analisis situasi, yaitu penilaian di lapangan, menganalisis, membuat tulisan pemaparan dan menyampaikan hasilnya kepada masyarakat.

Analisis situasi ini merupakan prasyarat bagi penyusunan rencana aksi masyarakat

d. Menyiapkan Rencana Aksi Masyarakat;

Dalam kesempatan training dan pembimbingan untuk perkuatan masyarakat pendamping harus menekankan pentingnya manajemen dan perencanaan.

Secara umum manajemen perencanaan dapat dirumuskan melalui 4 pertanyaan :

      1. Apa yang kita kehendaki ?
      2. Apa yang kita miliki ?
      3. Bagaimana kita menggunakan apa yang kita miliki untuk mencapai apa yang kita kehendaki ?
      4. Apa yang akan terjadi jika kita melakukan aksi tersebut ?

Rencana Aksi harus memuat hal-hal berikut ini :

      1. Bagaimana kondisi masyarakat saat ini ?
      2. Bagaimana kondisi yang diharapkan setelah satu periode ?
      3. Bagaimana menuju ke poin ii dari poin i ini ?

e. Menyusun Proposal;

Proposal merupakan permohonan dana kepada pihak-pihak yang dipandang potensial. Proposal yang baik adalah yang didisain seperti rencana aksi kegiatan, yang mampu menunjukkan kepada pihak donor mengapa kegiatan itu harus dibantu pendanaannya.

Tatkala mendiskusikan kebutuhan akan berbagai sumberdaya ini, pendamping seringkali mendengar keluhan bahwasanya masyarakat tidak mempunyai cukup dana. Hal seperti merupakan kecenderungan untuk menggantungkan diri hanya pada pihak donor dari luar.

Menggantungkan hanya pada satu donor akan semakin menambah kerentanan, sehingga semakin melemahkan masyarakat. Dengan beberapa upaya, masyarakat sebenarnya dapat menarik berbagai sumberdaya dari berbagai sumber.

f. Merancang Monitoring;

Setiap bentuk kegiatan apapun besar atau pun kecil skalanya, bisa terjadi kesalahan kecil. Jikalau tidak seringkali dipantau akan sering terjadi kekeliruan. Semakin sering dipantau kesenjangan-kesenjangan kecil semakin cepat diperbaiki, sehingga kegagalan dapat dihindari.

masyarakat sendir yang harus "duduk di bangku pengemudi", yang lainnya juga turut memantau. Pihak donor luar pun juga ingin memantau apakah sumber-sumber bantuan mereka digunakan dengan semestinya. Pemerintah setempat pun juga ingin memantau untuk kepentingan mereka sendiri. Dan Anda sebagai pendamping pun juga perlu memantau sudah seberapa jauhkan terjadi perkuatan di masyarakat.

Tugas Anda sebagai pendamping adalah memastikan :

      1. Bagaimana monitoring yang akan dilakukan oleh masy sendiri tsb mjd bagian dari disain / rancangan kegiatan
      2. Monitoring dipandang sama pentingnya dengan aksi kegiatan itu sendiri
      3. Panitia sangat komit dengan monitoring
      4. Panitia melaksanakan monitoring
      5. Panitia melaporkan kepada seluruh masyarakat, dan meminta pula pihak-pihak lain yang memantau kegiatan juga melakukan hal yang sama

g. Mengorganisir Aksi;

Dalam mengorganisir aksi, harus dilakukan identifikasi terhadap individu-individu yang mampu melaksanakan tugas-tugas tertentu. Jika tugas-tugas telah diidentifikasi, maka tidak kemudian semuanya dibebankan kepada panitia.

Sejumlah besar tugas tidak seharusnya dibebankan kepada satu orang saja, seperti ketua panitia. Penting untuk mendelegasikan tugas-tugas ke anggota-anggota masyarakat sebanyak mungkin.

Beri penekanan pada nilai penting sebaran partisipasi dan kontribusi masyarakat pada segala aspek.

    1. Melaksanakan Aksi;
      1. Mengimplementasikan Rencana Masyarakat
      2. Mengimplementasikan rancangan monitoring
      3. Pemenuhan kebutuhan skill masyarakat untuk implementasi aksi melalui training-training
      4. Mengadakan komuniasi intensif antara panitia dengan masyarakat melalui pertemuan/rapat, pelaporan, dan peninjauan bersama ke lapangan
      5. Peresmian; hal ini penting untuk meningkatkan pengakuan publik, serta validasi dan legitimasi terhadap keseluruhan proses / tahapan yang telah dilampaui. Peresmian juga meningkatkan kepedulian, transparansi, dan menjadikan kegiatan / aksi masyarakat lebih bermakna
    2. Mengupayakan Keberlanjutan

(dari berbagai sumber)




Tidak ada komentar: