Selasa, Agustus 07, 2012

Ceklist Aspek Perencanaan Pelatihan


Sebelum kita melangsungkan pelatihan, kita pertama kali perlu membahas sejumlah pertanyaan seputar siapa yag akan ada di sana, mau belajar tentang apa mereka dan bagaimaan kita ingin menciptakan situasi pembelajaran.  Maka sejumlah ceklis untuk persiapan bagi peserta, partisipasi peserta, fasilitasi dan kerangka praktis dibutuhkan di sini.
1.         Ceklis untuk peserta
a.    Bagaimana publikasi terhadap kegiatan ini dilakukan ?
b.    Apakah akan berkirim surat ke pihak-pihak lain untuk mendapatkan response ?
c.    Apakah akan mengirim undangan dengan jadwal acaranya ?
d.    Bagaimana peserta yang akan diundang ini harus diseleksi ? (apabila ternyata jumlahnya terbatas)
e.    Adakah persyaratan-persyaratan khusus bagi peserta ?
f.     Apakah ada persyaratan-persyaratan khusus seperti khusus perempuan, atau campuran ?  Apabila campuran, minimal berapa persen pesertanya harus wanita ?
g.    Apakah ada pengalaman-pengalaman yang khusus dari peserta ?
h.    Perilaku, pengetahuan dan keterampilan apa yang diinginkan akan dibawa di forum pelatihan ?
i.      Apa kira-kira harapan peserta dalam pelatihan ini ?
j.      Apakah diperlukan informasi-informasi seputar kultur peserta, atau latar belakang etnik, bahasa daerahnya ?
k.    Apakah peserta sudah tahu satu sama lainnya ?
l.      Perlukah memberikan penomoran terhadap aplikasi peserta yang telah hadir nanti, sehingga dapat diberikan respons pada kehadiran pertama atau pemberian pelayanan sesuai urutan peserta.

2.         Ceklik untuk aspek umum (Overview)
a.    Judul pelatihan
b.    Jumlah waktu yang tersedia
c.    Di mana akan dilangsungkan
d.    Tanggal ?
e.    Jumlah peserta
f.     Anggaran

3.         Ceklis untuk aspek partisipasi
a.    Apakah ada sejumlah metode untuk meng-energise peserta dan meningkatkan keterlibatan mereka ?
b.    Bagaimana dengan peserta yang mungkin terlambat nantinya ?
c.    Bagaimana dengan persiapan-persiapan untuk mengatasi peserta yang dominan ?
d.    Bagaimana rancangan agar kelompok laki-laki nantinya tidak akan mendominasi di  forum ? (apabila forum nantinya adalah forum campuran)
e.    Akankah ada waktu-waktu tertentu di mana hanya ada kelompok laki-laki atau kelompok perempuan saja ?
f.     Apakah akan ada kemungkinan terjadinya konflik di dalam pelatihan ? (bisa karena issu gender, ras, tingkat pendidikan, bahasa, usia, loyalitas politik atau agama, makanan, ataupun gaya hidup)
g.    Informasi apa yang diperlukan berkenaan dengan kemungkinan konflik yang akan terjadi ?

4.         Ceklis untuk aspek fasilitator
a.    Apa yang benar-benar diharapkan oleh fasilitator akan terjadi ?
b.    Apa yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa hal-hal yang diinginkan tersebut akan terjadi ?
c.    Apa yang ditakutkan akan terjadi ?
d.    Apa yang diperlukan untuk mencegahnya ?
e.    Akankah seluruh fasilitator terlibat dalam perencanaan jadwal acara ?
f.     Apakah akan melibatkan juga fasilitator perempuan selain fasilitator laki-laki ?
g.    Apakah fasilitator mempunyai sensitifitas terhadap kelompok peserta ?
h.    Apakah mereka (para fasilitator tersebut) berkeinginan untuk bergumul dengan potensi konflik selama acara pelatihan ?
i.      Apakah fasilitator mempunyai pengalaman pada hal akan dibahas di forum ?
j.      Jika tidak, bagaimana ?
k.    Jika acara pelatihan ini akan didokumentasikan akankah fasilitator yang melakukan hal ini ? mengapa ?
l.      Apakah umpan balik peserta akan dituliskan di kertas dan ditempelkan di dinding, akan menjadi bagian penting dari gaya fasilitasi ?

5.         Ceklis untuk aturan-aturan sederhana
a.    Apakah tempat telah di-booking ?,  tahukah calon peserta arah menuju lokasi ? apakah panitia telah memegang kuncinya ?
b.    Peraturan-peraturan apa yang musti harus dibuat ?
c.    Pelatihan ini terbuka ataukah tertutup ?  apakah peserta yang hadir harus mendaftar terlebih dahulu ?  apakah peserta dibebani biaya penyelenggaraan ?
d.    Apa saja yang akan diberikan pada peserta di saat mereka datang ?  (apakah folder materi, daftar acara, alat-alat tulis, handout, atau sesuatu yang lain)
e.    Apakah ada fasilitas untuk refreshing ?
f.     Apakah menu makanan yang paling sesuai dengan selera peserta ?
g.    Apa saja perlengkapan-perlengkapan yang dibutuhkan ? (kamera, video recorder, kertas, buku catatan, flipchart, termasuk kabel oloran, dll.)
h.    Apakah diperlukan peraturan-pertaruan tentang penggantian besaran biaya transportasi ?

 
Sumber :
On Our Feet, taking steps to challenge women’s oppression, a handbook on gender and popular education workshops.  IIZ//DVV supplement to adult education and development no 41/1993.

Tidak ada komentar: