Selasa, Agustus 05, 2008

Kekurangan Kita - Kelebihan Teman

Seperti biasanya di akhir acara outbound saya meminta peserta yang kali ini terdiri dari para kader desa dan Pendamping Lokal (semacam fasilitator tingkat kecamatan) serta pengurus UPK (unit pengelola kegiatan di program PNPM-MP) di salah satu kecamatan untuk mengungkapkan bagaimana perasaannya. Ini saya lakukan selain untuk mendapatkan feed back bagi peningkatan kualitas layanan saya di kemudian hari, juga untuk mendeteksi seberapa dalam peserta telah tersentuh aspek emosionalnya - hatinya - bukan sekedar logikanya - akal pikirannnya -.

Kali ini tampil dengan gaya bicara yang berani dan lugas (kalau tidak lupa ia dari PL), seorang perempuan. Ia mengungkapkan dengan kata-kata yang lancar " ... melalui permainan-permainan ini kita dilatih untuk senantiasa bekerja sama, kompak, saling menolong. Kita dituntut untuk kreatif dan bekerja dengan strategi yang tepat (teman sebelumnya mengatakan bahwa dengan kreatif dan strategi yang tepat, semua masalah apapun akan dapat diselesaikan dengan cepat). Di samping itu melalui permainan ini kita bisa menyadari kekurangan-kekurangan kita, kita mengetahui kelebihan-kelebihan kita, dan juga kelebihan-kelebihan teman-teman kita. Kita gunakan kelebihan kita dan kelebihan teman-teman kita untuk menghasilkan kekuatan bersama untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik .... "

Luar biasa, saya kali ini dibuat tercengang, termenung, sekaligus introspeksi dan kritik ke diri saya sendiri, akankah saya bisa seperti itu ?

Tidak ada komentar: