Selasa, Agustus 05, 2008

Berimproviasi dengan Tayangan Power Point (1)

Anggap saja Anda sudah tuntas dengan satu rangkaian cerita foto pada slide power point lengkap dengan animasinya sehingga sudah memenuhi foto yang "berbicara" atau foto yang "bunyi". Kali ini kita coba tingkatkan performance tayangan foto di power point kita dengan berbagai improvisasi berikut ini :


  1. Tayangkan rangkaian slide secara slide show, dengan memanfaatkan panel "Slide Show" di bagian atas, pilihlah "Rehearse Timings". Begitu Anda ketik, akan muncul tampilan slide-nya dengan bagian kiri atasnya menunjukkan lama waktu / durasi slide tersebut tampil (dalam detik). Begitu Anda rasa cukup sudah untuk menampilkan slide itu selanjutnya klik tanda panah kanan untuk men-set slide-slide berikutnya. Sampai setelah sile terakhir jangan lupa untuk men "save" setting-an Anda ini. Akan muncul kotak-kotak kecil yang memenuhi halaman layar Anda dengan bagian bawah menunjukkan durasi waktu tayang setiap slide. Berikutnya cobalah pekerjaan Anda dengan menekan panel "Slide Show" dan pilih "View Show". Kunci di sini adalah Anda harus memperkirakan berapa tayangan waktu untuk tiap slide, ada yang cukup singkat, namun ada pula yang harus agak lama, itu Anda sendiri yang tahu.
  2. Improvisasi berikutnya adalah menambahkan musik / instrumen untuk mengiringi rangkaian tayangan slide show ini. Caranya, buka slide pertama, pada posisi Normal View, jangan pada posisi Slide Show, klik panel " Insert", pilih "Movies and Sounds" pilih "Sound from File ... ". Silakan pilih file musik instrumen yang menurut Anda sesuai dengan topik / tema tayangan Anda. Sebisa mungkin pilih musik instrumen saja, karena bila ada syairnya pemirsa bisa akan turut hanyut dalam untaian kata-kata di syair lagu itu. Untuk menge-set jalannya lagu tadi pilih panel "Slide Show" pilih "Custom Animation". Di sebelah kanan slide akan muncul tayangan yang salah satunya menunjukkan file lagu Anda. Tempatkan mouse di file tersebut dan klik, serta tekan tanda panah ke bawah. Pilihlah pilihlah file lagu yang telah Anda Insert-kan, dengan tetap menekan klik kiri mouse Anda, pindahkan/geser ke urutan paling atas, setelah sampai di urutan paling atas, lepaskan klik kanan mouse tersebut. Berikutnya tempatkan panah penunjuk mouse Anda di file lagi tadi, tekan klik kiri mouse Anda pilih tanda panah ke bawah dan pilih panel "Start with Previous". Lanjutkan dengan panel "Effect Option" pilihlah "Start Playing" dengan membulatkan "from beginning" dan "Stop Playing" dengan pilihan "after slide .... (no slide paling akhir)". Lanjutkan ke panel "Timing" pilih "Start" dengan "with previous" dan "repeat" dengan "until end of slide". Lanjutkan dengan panel "sound setting", pilih tanda centrang "hide sound icon during slide show". Kalau sudah tekan "OK" di bagian bawah.

Sekarang lengkap sudah tampilan power point Anda dengan iringan lagu. Cobalah dengan posisi tayangan "Slide Show".

Ok, selamat mencoba, semoga sukses. Lain kali kita tambahkan improvisasi dengan rekaman suara Anda sendiri.

Tidak ada komentar: