Sabtu, Juni 20, 2009

Jadilah Manusia Dewasa dan Matang




Kawan, kadang kala kita menjalani hari ini dengan penuh ketidakterdugaan. Tiba-tiba jalanan yang kita lalui yang setiap harinya lancar kali ini macet total. Tiba di kantor tiba-tiba komputer hang, padahal pekerjaan menumpuk dan harus diselesaikan hari itu juga. Pulang ke rumah anak-anak pada ribut. Si bungsu berkelahi dengan si sulung. Di tambah lagi istri bertanya macam-macam melihat kita pulang dengan muka kusut. Seakan seluruh waktu di hari itu tidak bersahabat dengan kita. Seakan hari itu hari sial menurut kita.



Kawan, cobalah kita renungkan dalam-dalam menjelang kita tidur. Cobalah sendirian dan mengingat-ingat kembali seluruh "kesialan" kita hari itu. Dan saat ini kita sedang berbaring di tempat tidur. Ternyata semuanya berhasil kita jalani dengan selamat. Ternyata semuanya telah berlalu meninggalkan kenangan. Kita akan tersenyum simpul ternyata hidup ini adalah satu perjalanan panjang yang harus dilalui. Terpaksa atau suka rela, sadar atau tidak semua akan melalui jalan panjang ini. Apa pun yang sedang menimpa diri kita saat ini, yakinlah, bahwa semua itu pasti berlalu, kebahagian ataupun kesediah. Semuanya akan datang silih berganti, sebagaimana siang dan malam, pagi dan petang, serta gelap dan terang.



Kawan, janganlah terlalu gembira dengan kebahagian yang saat ini sedang beserta kita, karena sebentar lagi ia akan berlalu. Janganlah terlalu berduka dengan kesedihan yang saat ini sedang menimpa kita, karena sebentar lagi ia juga akan berlalu. Tuhan menciptakan keduanya selain sebagai penyeimbang kehidupan, juga sebagai tangga menuju kedewasaan hidup, dan kematangan kehidupan manusia. Manusia dewasa dan matang piawai dalam menghadapi "cuaca" apapun dalam kehidupan ini. Serahkanlah segala apa yang menimpa dirimu dalam hari-harimu kepada Tuhan, karena Dia-lah yang menghendaki demikian untuk menjadikanmu dewasa dan matang. Bersyukurlah karena engkau masih dikehendaki-Nya untuk menjadi manusia dewasa dan matang. Tidak tahukah engkau betapa banyaknya manusia yang tidak pernah menjadi dewasa dan matang, bahkan seumur hidup mereka ? Engkau pastinya tidak mau seperti itu khan ? Kalau engkau menyadari ini, pastilah apapun yang menimpamu akan engkau hadapi dengan penuh senyuman dan syukur sebagaimana engkau saat ini sedang merenung menjelang tidur.





Salam Sukses




Achmad Saladin



Yahoo! Mail Kini Lebih Cepat dan Lebih Bersih. Rasakan bedanya sekarang!

Tidak ada komentar: