Rabu, Agustus 20, 2008

"Spidol Masuk Botol"

¶ Bagilah peserta dalam beberapa kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 5, 7, atau 9 orang. Minta setiap orang menetapkan salah satu anggotanya sebagai pemampu / komando kelompok.
¶ Berikan pada setiap orang tali raffia sepanjang masing-masing 2,5 meter kecuali pemandu
¶ Kepada anggota yang mendapatkan tali raffia diminta untuk berdiri melingkar menghadap punggung masing-masing, dan minta mereka untuk saling mengikatkan tali dengan cara melingkarkan pada pinggang dan mengikatkan ke belakang tali itu di bagian ujungnya.
¶ Setelah selesai mereka diminta untuk berdiri melingkar menghadap ke luar dengan jarak yang renggang satu sama lain.
¶ Minta kepada komando / pemimpin kelompok untuk menyambungkan keseluruh tali anggotanya menjadi satu dan menyambungkannya dengan spidol sedemikian rupa sehingga spidolnya tegak lurus dengan tanah atau lantai.
¶ Minta anggota kelompok untuk menegangkan tali raffia dengan cara maju ke depan.
¶ Letakkan botol akua ukuran sedang di bagian tengah lingkaran, namun jangan diletakkan tepat di bawah spidol.
¶ Dengan ketentuan tidak boleh melihat ke arah belakang (akan lebih menarik kalau mata anggota yang berdiri melingkar ditutup), minta pemimpin kelompok untuk memandu sedemikian rupa sehingga spidol masuk ke dalam botol aqua. Pemimpin kelompok hanya boleh memandu, tidak boleh memengang tali atau memegang bagian tubuh anggotanya. Begitu juga anggota kelompok tidak boleh menoleh ke belakang maupun memengan tali untuk mengarahkan spidolnya. Kelompok yang lebih dulu memasukkan dan tidak melanggar aturan adalah kelompok yang menang. Kelompok yang melanggar aturan harus mengulang kembali.
¶ Pelajaran yang bisa dipetik dari permainan ini adalah : perlunya kesabaran dalam memandu, juga ketelatenan, kejujuran, bisa dipercaya atau saling percaya, juga ketaatan pada aturan yang telah disepakati.

Tidak ada komentar: