Rabu, Agustus 20, 2008

”Simpul Tangan”.

¶ Bagilah peserta dalam kelompok-kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang anggota. Mungkin akan ada beberapa orang yang tidak kebagian kelompok, tidak masalah, untuk sementara waktu mereka beristirahat dulu.
¶ Mereka diminta berdiri saling berhadapan dan bersilangan. Tangan kanan memegang tangan kanan rekan di depannya, dan tangan kiri memegang tangan kiri rekan lainnya yang bukan di hadapannya. Dalam hitungan 1, 2, 3, mereka diminta untuk membentuk lingkaran dengan ketentuan tidak boleh memutus / melepas ikatan tangan ini.
¶ Kemudian kelompok diminta menambah 2 orang lagi menjadi 6 orang dan melakukan hal yang sama. Mungkin akan ada beberapa orang yang tidak kebagian kelompok, tidak masalah, untuk sementara waktu mereka beristirahat dulu.
¶ Kemudian diminta menambah 2 orang lagi menjadi 8 orang dan melakukan hal yang sama, serta mungkin akan ada beberapa orang yang tidak kebagian kelompok, dan sekali lagi tidak masalah, karena sementara waktu mereka dapat beristirahat dulu.
¶ Pelajaran yang bisa dipetik adalah perlunya kreativitas, leadership, kekompakan, dan strategi yang tepat. Untuk memecahkan masalah yang banyak adalah dengan memecahkannya satu demi satu, bukan sekaligus, karena malah membuat masalah menjadi tambah ruwet.

Tidak ada komentar: