Rabu, Agustus 20, 2008

"Goyang Bola"

¶ Bagi peserta dalam beberapa kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 5, 7, atau 9 orang. Tetapkan satu orang sebagai pemimpin kelompok.
¶ Seluruh anggota kelompok diberikan tali raffia sepanjang sepanjang masing-masing 2 m kecuali pemimpin kelompok.
¶ Tali dilingkarkan di pinggang dan diikatkan pada bagian ujungnya serta uluran tali mengarah ke luar / depan tubuh. Minta kelompok untuk berdiri melingkar menghadap ke dalam lingkaran.
¶ Minta pemimpin kelompok untuk menyatukan seluruh tali anggotanya dan mengikatkan di botol aqua kosong dengan posisi mulut botol di atas. Ikatan dilakukan sedemikian rupa sehingga posisi botol dapat berdiri tegak apabila seluruh anggota kelompok menegangkan tali rafia.
¶ Setelah posisi tali rafia tegang dan botol berdiri tegak, di atas mulut botol diletakkan satu bola plastik kecil.
¶ Aturan permainan adalah kelompok diminta untuk bergerak ke garis finis dengan membawa bola. Bola tidak boleh jatuh, tangan peserta tidak boleh memegang tali yang diikatkan di pinggang peserta serta pemimpin kelompok tidak bolah memengang bagian tubuh maupun anggota maupun talinya. Pemimpin kelompok hanya boleh memberikan komando. Kelompok yang menang adalah selain yang tercepat mencapai finish juga yang paling sedikit hitungan bolanya jatuh.
¶ Pelajaran yang bisa dipetik dari permainan ini adalah : perlunya kesabaran dalam memandu, strategi, ketelatenan, kebersamaan langkah, kekompakan, serta ketaatan pada aturan yang telah disepakati.

Tidak ada komentar: