Selasa, September 01, 2009

Renungan Ramadhan - 1

Tidak Berkata-Kata Kecuali yang Baik-Baik



Imam Al Bukhori meriwayatkan bahwa "Puasa bukanlah menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi puasa adalah menahan diri dari kesia-siaan dan perkataan keji".



Di dalam Al Qur'an Surat 49 - Al Hujurat ayat 11-12 Allah SWT berfirman :


"Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim."



Abul A'la Al Maududi dalam kitab tafsirnya Tafhimul Qur'an menyatakan bahwa mengolok dengan padanan katanya yang lain yaitu menghina, merendahkan, menyepelekan, mengejek, dan mencemooh, tidak senantiasa dilakukan dengan lidah atau lisan. Termasuk dalam kategori ini adalah meniru-niru gerak tubuh seseorang untuk mengejek, menertawakan apa yang diucapkan seseorang, menjuluki seseorang secara demonstratif dengan julukan yang menodainya, yang menurutnya itu lucu, yang mengundang orang lain untuk menertawai orang yang diberi julukan itu. Substansi dari larangan ini adalah bahwa mengolok dengan berbagai kategorinya menunjukkan satu kebohongan perasaan seseorang, yaitu bahwa sebenarnya dia ingin menunjukkan superioritasnya di atas penghinaannya kepada orang lain, perasaan sombong yang secara moral menunjukkan sebuah sikap ketidaksantunan. Akibat lebih jauh yang dikhawatirkan adalah munculnya kekacauan atau keributan yang bisa menyebarluas ke masyarakat di samping yang jelas melukai perasaan orang lain.



Seseorang yang mencela orang lain pada hakekatnya sama dengan mencela dirinya sendiri. Penjelasannya adalah sebagai berikut : bahwasanya seseorang akan mencela orang lain jikalau pikiran dan perasaannya dipengaruhi oleh kobaran hasut setan yang hampir-hampir meledak seperti gunung yang mau meletus. Sehingga kepayahan diri dalam memupuk pikiran dan perasaan seperti ini akan membuat dirinya sendiri menjadi sarang setan sebelum ia mencari target sasaran orang lain. kemudian jikalau ia menuruti perasaan setan ini yaitu mencela orang lain, ini berarti mengundang orang lain untuk membalas mencela dirinya, inilah makna mencela diri sendiri.



Panggilan yang buruk adalah panggilan yang menyebabkan seseorang secara individu, atau orang tuanya, atau keluarganya, atau kelompoknya, atau bahkan masyarakatnya, menjadi terhina, tercela, atau ternoda.



Seburuk-buruk panggilan adalah panggilan yang buruk sesudah iman. Bahwa sungguh sangat memalukan sebagai seorang yang beriman ternyata ia patut mendapatkan reputasi jelek hanya dikarenakan ia sembrono dalam berkata-kata atau tidak santun dalam berperilaku. Bisa jadi seorang yang tidak beriman mendapatkan reputasi jelek dari sisi kemanusiaan karena ia menghina, merendahkan, mengolok dan semacamnya kepada orang lain, tetapi hal ini bisa dimaklumi karena sejalan dengan ketidakberimanannya. Namun seorang yang sudah mengikrarkan diri sebagai seorang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, serta hari Kiamat, ternyata mendapatkan reputasi jelek dikarenakan kualitas-kualitas perbuatan jelek seperti di atas, maka hal ini sungguh benar-benar patut disesalkan.



Nabi Muhammad SAW bersabda " Barangsiapa yang mengaku beriman kepada Allah, dan Hari Kemudian maka hendaklah ia berkata yang baik-baik saja, atau diam".



Karena itu marilah kita susuli hari-hari kita dengan taubat, kita menyesali seluruh kualitas-kualitas buruk amaliyah kita karena ucapan-ucapan kita dan perbuatan kita yang telah begitu banyak membuat orang lain sakit di hatinya. Orang yang zalim adalah orang yang tidak mau bertaubat, menyesali diri, dan menghentikan segala perbuatan buruknya, setelah ia mengetahui kebenaran.





Buat sendiri desain eksklusif Messenger Pingbox Anda sekarang!
Membuat tempat chat pribadi di blog Anda sekarang sangatlah mudah

Tidak ada komentar: