Kamis, Agustus 07, 2008

Info Singkat tentang Outbound

Meskipun sejak zaman Yunani Kuno proses pembelajaran sudah dilakukan melalui kegiatan di alam terbuka, secara sistematik pendidikan melalui kegiatan outbound baru dimulai pada 1941 di Inggris. Kurt Hahn (Jerman) dan Lawrence Holt (Inggris) membangun basis pendidikan berdasarkan petualangan. Menggunakan kapal layar kecil disertai tim penyelamat mereka mendidik para pemuda untuk menumbuhkan kesadaran akan rasa kebersamaan dan kasih sayang pada orang lain. Segera langkah mereka diikuti di berbagai negara.

Meski banyak dipakai oleh lembaga angkatan bersenjata untuk mempersiapkan prajurit yang tangguh dalam situasi aman maupun perang, banyak pula lembaga pelatihan manajemen dan program pengembangan eksekutif yang menggunakan pola ini untuk mengajarkan konsep-konsep manajerial. Dunia pendidikan formal pun tidak ketinggalan jaman mulai mengikuti konsep ini dalam proses pembelajarannya karena dinilai memberikan kontribusi yang positif terhadap kesuksesan belajar.

Metode ini pun ternyata juga digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Digunakan untuk meningkatkan konsep diri anak-anak nakal, pecandu narkoba, dan kesulitan dalam membangun hubungan sosial. Juga digunakan untuk memperkuat hubungan keluarga yang bermasalah dalam program family therapy.

Yang berkaitan erat dengan kita-kita yang banyak bekerja bersama masyarakat adalah, bahwa metode outbound ini ternyata telah pula digunakan untuk membangun modal sosial. Modal sosial adalah jaringan kerjasama di antara warga masyarakat yang memfasilitasi pencarian sosuli dari permasalahan yang dihadap. Modal sosial juga berarti kumpulan dari hubungan yang aktif di antara manusia seperti rasa percaya, saling pengertian, dan kesamaan nilai dan perilaku yang mengikat anggota dalam sebuah jaringan kerja dan komunitas yang memungkinkan adanya kerjasama. Modal sosial akan semakin kuat apabila komunitas / organisasi memiliki jaringan hubungan kerjasama, baik secara internal organisasi atau antar organisasi. Jaringan kerjasama yang sinergistik yang merupakan modal sosial akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan bersama

Demikian, semoga bermanfaat, akan dilanjutkan lain waktu,

Salam Fantastik

(Disarikan dari Djamaluddin Ancok -Outbound Management Training-)

Tidak ada komentar: