Kamis, Agustus 07, 2008

Berimprovisasi dengan Tayangan Power Point -2-

Kali ini kita akan menyempurnakan tayangan power point Anda dengan memberikan narasi berupa rekaman suara Anda atau orang lain dalam tayangan slide show. Audien akan semakin fokus, berkonsentrasi, dan tertarik pada tayangan rangkaian foto yang bergerak, ada tulisan singkat di bawahnya, diiringi suara musik, dan ada penjelasannya secara panjang lebar. Nah penjelasan inilah yang penting untuk lebih meyakinkan audien. Biasanya kita lakukan itu dengan cara berbicara panjang lebar pada satu slide untuk berikutnya kita klik dan melakukan hal yang sama, yaitu bicara panjang lebar. Kekurangannya adalah kadang kita tidak bisa mengontrol panjang pendeknya bicara kita karena kita berupaya menterjemahkan setiap tayangan foto dengan cara spontan. Akibatnya kalimat kita akan banyak "ee, ..... eeeee....., e....". Untuk menghindari hal itu lakukan langkah berikut ini :
  1. Siapkan redaksi narasi untuk setiap tayangan slide. Redaksi ini harus tertulis (namanya saja redaksi !).
  2. Buka pekerjaan power point Anda sebelumnya yang telah dipercantik melalui improvisasi -1-.
  3. Pasanglah "jack" microphone Anda ke lubang microphone laptop atau komputer Anda, dan pastikan alat itu beroperasi dengan sempurna.
  4. Buka panel "Slide Show", pilih "Record Narration", dan tekan "OK".
  5. Baca redaksi narasi Anda melalui corong microphone, untuk slide yang pertama dengan suara yang mantap, dengan "pitch control" yang sempurna, dan kesan yang berwibawa. Jangan membaca terlalu cepat atau tergesa-gesa.
  6. Terakhir jangan lupa men-Save pekerjaan Anda.
  7. Setelah selesai kembali pilih panel "Slide Show" dan pilih "Rehearse Timings". Susun kembali tayangan slide show-nya berdasarkan panjang pendeknya narasi yang telah terekam tadi. Hal penting : berilah jeda waktu beberapa detik sebelum meng-klik tanda panah kanan di bagian kiri atas tayangan slide show untuk beranjak ke slide berikutnya, sehingga ada transisi bagi audien untuk menyerap informasi secara utuh tayangan slide tersebut.
  8. Lakukan hingga slide terakhir dan jangan lupa men-Save pekerjaan akhir Anda ini.

Kini telah lengkap sudah tayangan foto di power point Anda, ada gambar, ada animasi gerak foto dan huruf / kalimat, ada musik, dan ada rekaman suaranya lagi. Pasti akan sangat mengasyikkan.

Nah selamat mencoba, saya yakin, pasti Anda bisa melakukannya dan berimprovisasi lebih fantastik lagi.

Tidak ada komentar: