Jumat, Agustus 10, 2012

PENGGUNAAN DIAGRAM VENN SECARA LEBIH MENDALAM


Pengantar
Diagram Venn selain digunakan untuk memetakan lembaga-lembaga yang ada di masyarakat baik yang bersifat formal maupun non formal, ditinjau dari sisi kemanfaatan / kepentingannya yang dirasakan / dinilai oleh masyarakat serta hubungan interaksinya dengan masyarakat.  Namun demikian dalam pengembangannya, instrumen ini bisa diperdalam penggunaannya hingga melihat seberapa baik hubungan antar lembaga yang ada, hingga individu-individu yang berpengaruh di masyarakat.

Langkah-langkah
J   Minta kelompok (apakah itu kelompok ibu-ibu, kelompok campuran, atau khusus kelompok laki-laki, bisa pula berdasarkan usia, yaitu kelompok remaja, dewasa, dan orang-orang tua), untuk menginventarisir lembaga-lembaga apa saja baik formal maupun non formal yang berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan (bisa pula topikal, seperti tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan) masyarakat di desa / di kampung / di dusun itu.  Tuliskan di plano dan letakkan di lantai.
J   Tuliskan keseluruhan lembaga tersebut ke dalam lingkaran-lingkaran dan kemudian guntinglah lingkaran-lingkaran tersebut.
J   Berikutnya identifikasi pula individu-individu yang mempunyai pengaruh terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat (bisa pula topikal, seperti tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan) masyarakat di desa / di kampung / di dusun itu.  Tuliskan di plano dan letakkan di lantai.
J   Tuliskan keseluruhan individu tersebut ke dalam segitiga-segitiga dan kemudian guntinglah segitiga-segitiga tersebut.
J   Letakkan kertas plano di lantai (apabila dibutuhkan media yang lebih luas sambungkan 2 – 4 kertas plano dan bentangkan di lantai).
J   Letakkan guntingan lingkaran-lingkaran tersebut pada bentangan kertas plano di lantai sedemikian rupa sehingga lingkaran-lingkaran yang selama ini menurut peserta mempunyai hubungan yang erat satu sama lain, diletakkan berdekatan atau bahkan bersinggungan (menurut tingkat hubungannya; semakin erat semakin dekat tentunya).  Jangan ditempel permanen terlebih dahulu sebelum semua peserta menyatakan persetujuannya.
J   Berikutnya letakkan guntingan segitiga-segitiga sedemikian rupa sehingga segitiga yang selama ini menurut partisipan mempunyai hubungan yang erat satu sama lain atau yang mempunyai hubungan erat dengan lingkaran, diletakkan berdekatan atau bahkan bersinggungan (menurut tingkat hubungannya; semakin erat semakin dekat tentunya).  Jangan ditempel permanen terlebih dahulu sebelum semua peserta menyatakan persetujuannya.
J   Dengan menggunakan spidol warna biru, berikan garis hubung antar lingkaran, antar segitiga, atau antara lingkaran-segitiga, yang menurut penilaian peserta hubungan kerjanya selama ini berjalan sangat-sangat baik.
J   Berikutnya dengan menggunakan spidol warna hijau, berikan garis hubung antar lingkaran, antar segitiga, atau antara lingkaran-segitiga, yang menurut penilaian peserta hubungan kerjanya selama ini berjalan biasa-biasa saja.
J   Kali ini dengan menggunakan spidol warna merah, berikan garis hubung antar lingkaran, antar segitiga, atau antara lingkaran-segitiga, yang menurut penilaian peserta hubungan kerjanya harus lebih diperbaiki ke depan.
J   Dan terakhir dengan menggunakan spidol warna hitam, berikan garis hubung antar lingkaran, antar segitiga, atau antara lingkaran-segitiga, yang menurut penilaian peserta selama ini tidak terjadi hubungan / relasi sama sekali, namun dipandang sangat penting dibangunnya relasi tersebut guna kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat ke depan.
J   Fokuskan pada garis hubung warna merah dan garis hubung warna hitam.  Ajak peserta untuk berdiskusi agar garis-garis tersebut pada akhirnya akan menjadi garis hubung berwarna biru.  Apa saja yang harus dilakukan, dan pihak-pihak mana saja yang harus berperan di dalamnya untuk mewujudkan garis biru ini terjadi.

Tidak ada komentar: